Prinsip “ Flexibility
are efficiency of use”
menekankan system yang dapat mengakomodasi user
yang sudah terbiasa maupun user
pemula dan memberikan kemudahan agar pengguna dapat melakukan kegiatan dengan cepat.
Masalah Usabilitas
a. Tidak
adanya pilihan menambah penumpang ketika sudah melakukan pilihan terhadap
maskapai
b.
Tidak adanya fungsi “reload”
untuk mengatasi ketika penerbangan tidak
tersedia.
Deskripsi Masalah Usabilitas
a. Tidak
adanya pilihan menambah penumpang ketika sudah melakukan pilihan terhadap
maskapai
Gambar 4. Page
details
Ketika User sudah memilih maskapai penerbangan, user tidak diberikan pilihan untuk menambahkan penumpang. Karena bisa saja ketika user pertama kali menentukan jumlah penumpang hanya untuk melakukan survey harga. Jadi jika user ingin menambahkan jumlah penumpang harus kembali ke page awal sebelum memilih maskapai penerbangan dan ini beresiko maskapai penerbangan yang sebelumnya terpilih sudah penuh atau tidak dapat dipilih kembali.
b.
Tidak adanya fungsi “reload”
untuk mengatasi ketika penerbangan tidak
tersedia.
Gambar 5. Error ketika tidak ada penerbangan yang
tersedia
Ketika user
memilih satu maskapai penerbangan, muncul error
seperti gambar 3.
Kemudian user
memutuskan untuk kembali, kemudian user
memilih satu maskapai penerbangan lagi, muncul error yang sama. Hal ini mungkin
terjadi karena penerbangan tidak tersedia. Lalu jika ingin reload page dan
menampilkan penerbangan yang saat ini tersedia tidak bisa karena aplikasi tidak
menyediakan fungsi reload page pada page pilihan maskapai
Saran Perbaikan Masalah
a. Sebaiknya
ditambah pilihan untuk menambahkan penumpang ketika di page details agar
penumpang tidak perlu kembali ke page pagenya sebelumnya untuk menambahkan
penumpang
b. Sebaiknya
pada page pilihan maskapai
penerbangan diberikan fitur reload
agar user dapat selalu update penerbangan yang tersedia sehingga terhindar dari error.
Skala Severitas
a. 2
b. 3
Keterangan
Severe Ratings (Nielsen 1995):
0
= Bukan masalah
1
= Masalah yang tidak terlalu penting
2
= Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3
= Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4
= Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan
prioritas paling tinggi
COMMENTS