Prinsip ini membahas bagaimana sistem menunjukan kegagagalan system
atau kesahalan user kepada user dengan jelas dan menunjukan letak
kesalahannya, serta memberi petunjuk agar user
tidak melakukan kesalahan yang sama.
Masalah Usabilitas
Deskripsi Masalah Usabilitas
Gambar 3. Error ketika tidak tersedianya
penerbangan
Ketika user
memilih satu maskapai penerbangan, muncul error
seperti gambar 3.
Kemudian user
memutuskan untuk kembali, kemudian user
memilih satu maskapai penerbangan lagi, muncul error yang sama. Hal ini mungkin
terjadi karena penerbangan tidak tersedia. Lalu jika ingin reload page dan
menampilkan penerbangan yang saat ini tersedia tidak bisa karena aplikasi tidak
menyediakan fungsi reload page pada page pilihan maskapai
Saran dan Perbaikan Masalah
Sebaiknya pada page pilihan maskapai penerbangan diberikan fitur reload agar user dapat selalu update penerbangan yang tersedia sehingga terhindar dari error.
Skala Severitas
3
Keterangan
Severe Ratings (Nielsen 1995):
0
= Bukan masalah
1
= Masalah yang tidak terlalu penting
2
= Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3
= Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4
= Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan
prioritas paling tinggi
COMMENTS