Misteri cahaya spektakular yang muncul di Norwegia telah menggemparkan dunia. Badan antariksa NASA membuat hipotesis cahaya berbentuk spiral itu.
Menurut NASA rudal gagal dan membuat pola spiral yang menyebabkan cahaya menakutkan itu. Rusia diperkirakan mencoba melepas rudal, namun suborbitalnya tidak berfungsi.
"Sebuah motor roket lepas kendali menyebabkan pola spiral, penjelasan ini tampaknya masuk akal, meskipun belum dikonfirmasi," kata Peneliti NASA Tony Phillips di situs NASA..
Ia menyebut ada bukti fenomena itu disebabkan oleh tidak berfungsinya roket suborbital yang diluncurkan dari kapal selam Rusia di Laut Putih.
Foto menunjukkan apa yang tampak dorongan awal peluncuran sebelum terjadi spiral. Sebuah motor roket yang lepas kendali bisa menjelaskan pola spiral, seperti yang ditunjukkan dalam video rudal Trident II yang diluncurkan dari kapal selam AS pada
tahun 2007.
Roket Rusia yang gagal merupaka hipotesis yang masuk akal, tapi itu belum
dikonfirmasi, katanya . Tapi surat kabar Moskow mengatakan hal yang sama.
Tes rudal Bulava itu ditembakkan dari kapal selam Dmitry Donskoi di Laut Putih pada hari Rabu tetapi gagal pada tahap ketiga, tulis Koran itu.