Para ilmuwan mengumumkan, bahwa sebuah planet baru, yang merupakan planet keempat menyerupai Jupiter, ditemukan di sekitar bintang muda bernama HR 8799.

Tim ini sebelumnya pada tahun 2008 juga menemukan tiga planet dari sistem bintang tersebut.

Sampai saat ini sudah lebih dari 500 planet baru ditemukan di luar tata surya kita, kebanyakan diantaranya ditemukan melalui metode tak langsung, seperti melihat ke gravitasi planet pada bintang induknya. Demikian seperti yang dikutip dari National Geographics, Kamis (9/12/2010).

Planet baru ini juga ditemukan melalui teknik pengambilan gambar langsung di sistem bintang HR 8799. Akan tetapi menurut studi yang dilakukan, berdasarkan pada massa planet di bintang HR 8799, planet yang menyerupai Jupiter tersebut memiliki kemungkinan yang berbeda dari teori formasi planet di sistem bintang HR 8799.

"Sejauh ini, penemuan ini adalah sistem multiplanet pertama yang gambarnya diambil langsung," ujar pimpinan studi, Christian Marois, seorang ahli astronomi di Herzberg Institute of Astrophysics di Kanada.

"Tapi kini penelitian kami terhenti di empat planet lainnya dan kita belum bisa menjelaskan formasi, serta lokasi tepatnya planet-planet tersebut," tambahnya.

Beberapa planet sebelumnya yang diketahui dimiliki oleh bintang HR 8799 memiliki massa lima, tujuh, sampai 10 kali lipat dari Jupiter. Planet-planet ini mengorbit dengan jarak 3,5 miliar kilometer dari bintangnya, jarak kasar yang sama antara planet Neptunus dengan Matahari kita dan berjarak 10,1 miliar kilometer, atau dua kali lipat jarak Pluto dengan Matahari

"Secara keseluruhan sistem bintang HR 8799 mulai terlihat seperti sistem tata surya kita. Akan tetapi penjelasan mengenai bagaimana planet-planet raksasa di sistem bintang tersebut belum bisa dijelaskan," tambah Marois.
(srn)

taken from : 
http://www.dinomarket.com/newsreview/1135355/2010/12/09/Ditemukan-Lagi-Planet-Mirip-Jupiter/