Prinsip “ Flexibility are efficiency of use” menekankan system yang dapat mengakomodasi user yang sudah terbiasa maupun user pemula dan memberikan kemudahan agar pengguna dapat  melakukan kegiatan dengan cepat.


Masalah Usabilitas

a.      Tidak adanya pilihan menambah penumpang ketika sudah melakukan pilihan terhadap maskapai
b.      Tidak adanya fungsi “reload” untuk mengatasi ketika  penerbangan tidak tersedia.

Deskripsi Masalah Usabilitas

a.      Tidak adanya pilihan menambah penumpang ketika sudah melakukan pilihan terhadap maskapai


Gambar 4. Page details


Ketika User sudah memilih maskapai penerbangan, user tidak diberikan pilihan untuk menambahkan penumpang. Karena bisa saja ketika user pertama kali menentukan jumlah penumpang hanya untuk melakukan survey  harga. Jadi jika user ingin menambahkan jumlah penumpang harus kembali ke  page awal sebelum memilih maskapai penerbangan dan ini beresiko maskapai penerbangan yang sebelumnya terpilih sudah penuh atau tidak dapat dipilih kembali.
b.      Tidak adanya fungsi “reload” untuk mengatasi ketika  penerbangan tidak tersedia.




       
Gambar 5. Error ketika tidak ada penerbangan yang tersedia

Ketika user memilih satu maskapai penerbangan, muncul error seperti gambar 3.
Kemudian user memutuskan untuk kembali, kemudian user memilih satu maskapai penerbangan lagi, muncul error yang sama. Hal ini mungkin terjadi karena penerbangan tidak tersedia. Lalu jika ingin reload page dan menampilkan penerbangan yang saat ini tersedia tidak bisa karena aplikasi tidak menyediakan fungsi reload page pada page pilihan maskapai


Saran Perbaikan Masalah

a.      Sebaiknya ditambah pilihan untuk menambahkan penumpang ketika di page details agar penumpang tidak perlu kembali ke page pagenya sebelumnya untuk menambahkan penumpang
b.      Sebaiknya pada page pilihan maskapai penerbangan diberikan fitur reload agar user dapat selalu update penerbangan yang tersedia sehingga terhindar dari error.

Skala Severitas

a.      2
b.      3


Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi