Prinsip ini membahas bagaimana sistem menunjukan kegagagalan system atau kesahalan user kepada user dengan jelas dan menunjukan letak kesalahannya, serta memberi petunjuk agar user tidak melakukan kesalahan yang sama.

 Masalah Usabilitas

Tidak adanya fungsi “reload” untuk mengatasi ketika  penerbangan tidak tersedia.

Deskripsi Masalah Usabilitas

       
Gambar 3. Error ketika tidak tersedianya penerbangan

Ketika user memilih satu maskapai penerbangan, muncul error seperti gambar 3.
Kemudian user memutuskan untuk kembali, kemudian user memilih satu maskapai penerbangan lagi, muncul error yang sama. Hal ini mungkin terjadi karena penerbangan tidak tersedia. Lalu jika ingin reload page dan menampilkan penerbangan yang saat ini tersedia tidak bisa karena aplikasi tidak menyediakan fungsi reload page pada page pilihan maskapai

Saran dan Perbaikan Masalah


Sebaiknya pada page pilihan maskapai penerbangan diberikan fitur reload agar user dapat selalu update penerbangan yang tersedia sehingga terhindar dari error.


Skala Severitas

3

Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi