Prinsip “visibility of system status” membahas bagaimana sistem selalu menginformasikan statusnya dan memberikan feedback kepada pengguna.

 Masalah Usabilitas

a.      Tidak terlihatnya progress bar
b.      Tidak adanya notifikasi email pembayaran yang expired

Deskripsi Masalah Usabilitas
a.      Tidak terlihatnya progress bar




  
Gambar 1. Progress bar

Pada saat melakukan booking, user memilih satu pilihan dari banyak pilihan yang berisi informasi nama penyedia penerbangan, nomor penerbangan, fasilitas, durasi, biaya dan status langsung atau transit. Ketika page loading, progress bar yang menunjukan status loading tidak begitu terlihat sehingga user sempat tertipu dengan keadaan penyedia penerbangan yang ditampilkan hanya satu. Hal ini bisa terjadi karena user berfokus pada penerbangan yang ditampilkan. Dampak lainnya adalah kurangnya kepercayaan terhadap aplikasi karena aplikasi  hanya menampilkan satu penyedia penerbangan.

c.       Tidak adanya notifikasi email pembayaran yang expired

Gambar 2. Inbox email

Ketika user tidak melakukan pembayaran dua jam setelah booking tidak ada notifikasi expired melalui email. Hal ini bisa saja memicu kesalahan user yang tidak tanggap terhadap waktu dan tetap melakukan pembayaran ketika sudah expired

 Saran Perbaikan Masalah

a.      Tidak terlihatnya progress bar
progress bar dapat tetap dibiarkan namun sebaiknya ketika page masih loading dan seluruh maskapai penerbangan belum load dengan sempurna sebaiknya screen dibuat gelap dan menjadi terang ketika maskapai sudah load dengan sempurna. Pilihan lain yaitu dengan mengganti progress bar dengan throbber. Jadi ketika sudah load dengan sempurna throbber hilang.
b.      Tidak adanya notifikasi email pembayaran yang expired
Sebaiknya jika masa pembayaran user sudah melampaui batas waktu yang di tentukan system mengirimkan email berupa notifikasi pembayaran expired untuk menghindari kesalahan user

Skala Severitas   

a.      Tidak terlihatnya progress bar
2
b.      Tidak terlihatnya status “Pergi” dan “Pulang”
3

Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):

0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi


IPB