Prinsip “visibility of
system status” membahas bagaimana sistem selalu menginformasikan statusnya
dan memberikan feedback kepada pengguna.
Masalah Usabilitas
b.
Tidak adanya notifikasi email pembayaran yang expired
Deskripsi Masalah Usabilitas
Gambar 1. Progress bar
Pada saat melakukan booking, user memilih satu
pilihan dari banyak pilihan yang berisi informasi nama penyedia penerbangan,
nomor penerbangan, fasilitas, durasi, biaya dan status langsung atau transit. Ketika
page loading, progress bar yang
menunjukan status loading tidak begitu terlihat sehingga user sempat tertipu
dengan keadaan penyedia penerbangan yang ditampilkan hanya satu. Hal ini bisa
terjadi karena user berfokus pada
penerbangan yang ditampilkan. Dampak lainnya adalah kurangnya kepercayaan
terhadap aplikasi karena aplikasi hanya
menampilkan satu penyedia penerbangan.
Gambar
2. Inbox email
Ketika user tidak melakukan pembayaran dua jam setelah booking tidak ada notifikasi expired melalui email. Hal ini bisa saja memicu kesalahan user yang tidak tanggap terhadap waktu dan tetap melakukan pembayaran ketika sudah expired
a. Tidak
terlihatnya progress bar
progress bar dapat tetap dibiarkan namun sebaiknya ketika page masih loading dan seluruh maskapai penerbangan belum load dengan sempurna sebaiknya screen dibuat gelap dan menjadi terang ketika maskapai sudah load dengan sempurna. Pilihan lain yaitu dengan mengganti progress bar dengan throbber. Jadi ketika sudah load dengan sempurna throbber hilang.
progress bar dapat tetap dibiarkan namun sebaiknya ketika page masih loading dan seluruh maskapai penerbangan belum load dengan sempurna sebaiknya screen dibuat gelap dan menjadi terang ketika maskapai sudah load dengan sempurna. Pilihan lain yaitu dengan mengganti progress bar dengan throbber. Jadi ketika sudah load dengan sempurna throbber hilang.
b. Tidak adanya
notifikasi email pembayaran yang expired
Sebaiknya jika masa pembayaran user sudah
melampaui batas waktu yang di tentukan system mengirimkan email berupa
notifikasi pembayaran expired untuk
menghindari kesalahan user
Skala Severitas
a. Tidak
terlihatnya progress bar
2
b. Tidak
terlihatnya status “Pergi” dan “Pulang”
3
Keterangan
Severe Ratings (Nielsen 1995):
0
= Bukan masalah
1
= Masalah yang tidak terlalu penting
2
= Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah
3
= Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi
4
= Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan
prioritas paling tinggi
IPB
IPB
COMMENTS